s

Selamat datang di WeBLOG IMADUDDIN.B, Amd.AK

Senin, 28 Juni 2010

Respect terhadap Kesehatan kita

Sehat itu mahal. Semua orang pasti setuju dengan pendapat seperti itu. Padahal jika kita sikapi pernyataan berikut ”Mencegah lebih baik dari pada mengobati” ini sebetulnya hal yang mudah, tapi sulit bagi kebanyakan orang.
Nah, pada tulisan saya kali ini mari kita buka wawasan kita semua tentang bagaimana pentingnya ”sehat” itu. Ada beberapa hal yang perlu di cermati bagi kita agar kita tetap sehat. Namun pada tulisan ini saya akan menekankan bagaimana kita terhindar dari penyakit menular.
Betul, tidak hanya HIV yang mematikan dapat menular pada siapa saja dengan berbagai media, seperti sex, jarum suntik yang tidak steril, transfusi, dll. Namun yang paling berbahaya ialah Hepatitis, atau yang sudah biasa kita sebut dengan hepatitis B. Penyebarannya sangat cepat, dibandingkan HIV, hepatitis sangat cepat penyebarannya. Kurang higienis merupakan pemicu utama kontak kita terhadap virus ini. Saya jadi ingat apa kata seorang Einstein, dia bilang "Dunia ini adalah sebuah tempat yang berbahaya untuk didiami, bukan karena orang-orangnya jahat, tapi karena orang-orangnya tak perduli."

Hepatitis juga dengan mudah berpindah melalui air liur, keringat dan cairan tubuh manusia lainnya. Maka dari pada itu, kita harus peduli dengan keadaan disekitar kita. Kita awasi, jaga dan motivasi yang sudah terkena Hepatitis. Karena hepatitis ini sudah ada obatnya, jadi pastikan sipenderita meminum obat dan mengontrol pengobatannya sampai sembuh.
Tidak ada hal yang sulit, yang sulit adalah merubah kebiasaan karena kita tidak peduli dengan apa yang ada disekitar kita.

Curiga itu perlu menurut saya. Zaman sekarang itu sudah seperti zaman jahilliyah, lihat saja kasus yang sekarang lagi trend, contoh figur yang tidak baik dari seorang entertainment sehingga sex itu adalah sesuatu yang sudah tidak tabu.
Kenapa sedemikian parahnya, karena berbagai penyakit datang karena perilaku kita yang buruk dan tidak mengindahkan aturan.
Jika kita merasa benar dan tidak pernah berbuat negatif pastikan kepada pasangan Anda siapa yang positif mengidap suatu penyakit. Jujurlah pada diri Anda dan kasihanilah pasangan Anda yang tidak tahu apa – apa.
Periksakan ke laboratorium untuk memastikan Anda apakah mengidap suatu penyakit yang merugikan Anda dan orang lain. Ingat, sehat itu mahal dan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Deteksi lebih dini merupakah langkah terbaik. Segeralah periksakan Anda pada dokter dan mintalah pemeriksaan laboratorium untuk memastikannya. Salam sehat dari sahabat – sahabat sehat.

Tidak ada komentar: