s

Selamat datang di WeBLOG IMADUDDIN.B, Amd.AK

Kamis, 20 Maret 2008

VIRUS

Bagi kita Virus termasuk masalah kesehatan, siapapun kita bisa terserang virus yang umumnya adalah merugikan bagi kita karena kita akan berfungsi sebagai inangnya, ini disebabkan virus tidak akan bisa tumbuh, kemudian tidak akan berkembang biak jika tidak ada jaringan yang hidup untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Untuk lebih jelasnya mari kita kaji lebih dalam lagi istilah virus tersebut di mulai dari ILMU yang mempelajari virusnya itu sendiri.


Apa itu Virologi?

Istilah Virologi diambil dari dua suku kata yaitu berasal dari kata virus dan logos (Ilmu), sehingga yang di maksud dengan Virologi adalah suatu Ilmu yang mempelajari tentang virus dan penyakit – penyakit yang di sebabkannya.


Apa itu Virus?

Virus adalah suatu jasad hidup terkecil dengan ukuran antara 20 – 300 nm, yang di temukan dan di akui sebagai jasad penyebab infeksi oleh Bayerink pada tahun 1898. Virus juga mempunyai sifat khas, yaitu terdiri dari suatu inti yang tersusun dari asam nukleat, yaitu RNA dan DNA dan di kelilingi oleh suatu capsid yang terdiri dari protein.

Fungsi protein pada virus sangat penting untuk melindungi genome terhadap inaktivasi oleh nuclease, mempermudah perlekatan partikel virus pada sel –sel baru dan menentukan sifat antigen dari virusnya.

PERBEDAAN VIRUS DAN BAKTERI.



Virus

Bakteri


Susunan kimiawi

Tdd RNA/DNA dengan protein

Ada beberapa virus yang mempunyai susunan seperti bakteri , maka virus tersebut disebut virus tak sejati.

RNA + DNA + Protein


Ukuran

20 – 300 nm

200 – 2000 nm


Enzim

-

+


Mutasi

u/ mengubah sifa Ag-nya

-


Cara berkembang biak

Dalam sel hospes dgn mengubah metabolism pd sel yang di tembpatinya untuk membentuk protein dan RNA/DNA untuk pembentukan virus baru

Dengan cara belah pasang


Tidak ada komentar: